Kamis, 16 Januari 2014

Proses Pembuatan FIFA14

FIFA14 merupakan game sepak bola yang di keluarkan oleh perusahan game yang bernama EA Sports yang bermarkas di Amerika Serikat. Game FIFA ini telah di buat dari tahun 90an, yang di mana grafis dari gambar masih terbilang bruk sampai di era 2014 ini tampilan grafisnya hampir mendekati nyata.
Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara dan teknik pembuatan dari game FIFA ini. EA Sports menggunakan banyak para tenaga kerja baik itu tenaga IT ataupun tenaga animator. EA Sports kurang lebih memiliki lebih dari 200 karyawan untuk membuat game FIFA14 ini, karyawan-karyawan ini terdiri dari beberapa negara. 
Di dalam pembuatan game ini, terbagi dari beberapa tugas mulai dari yang mengerjakan gameplay dari  game ini, ada yang bertugas bagaimana cara para pemain saat menyerang dan bertahan, dan banyak lagi bagian-bagiannya.
FIFA membuat pemain ini seperti nyata dengan menggunakan player impact engine, dimana engine ini berfungsi apabila pemain ini melakukan serangan atau pengawalan terhadap pemain lawan terjadi kontak fisik yang nyata contohnya seperti saat mentackle lawan atau beradu mengambil bola di udara saat sepak pojok. Tidak ada bug yang terlihat, biasanya bug yang terjadi saat mentackle atau saat beradu bola di udara adalah fisik kedua pemain akan menjadi satu atau bergabung. Organ badannya menjadi satu antara pemain satu dengan pemain lain.

 Lalu di FIFA14 ini menggunakan engine precision dribbling, dimana engine tersebut berguna untuk cara mendribble bola seperti nampak aslinya, seperti dribbling bolanya Cristiano Ronaldo da Messi, kalau Cristiano Ronaldo terkenal dengan dribling bola samba yang mengunggulkan kecepatannya sedangkan Messi terkenal dengan dribbling bola yang santai tetapi cepat sehingga bola berada di kaki Messi terlihat menempel sehingga susah di rebut oleh pemain lawan.
Selain ada engine precision dribbling ada pula engine tactical defending, disini dapat mengatur bagaimana mengatur offside trap yang di lakukan dalam strategi dan dapat melakukan presing atau pengawalan ketat terhadap pemain yang berbahaya.
Di EA Sports memiliki ruangan khusus yang berisikan sensor-sensor khusus untuk membuat gerakan-gerakan para pemain mulai dari kiper sampai penyerang dan mulai dari cara kiper menepis bola sampai cara pemain melakukan tendangan bebas bahkan sampai pemain melakukan tendangan salto. Di proses ini EA Sports bekerja sama dengan para freestyler sepak bola untuk melakukan berlari, dribling, tendangan, baik itu tendangan bebas atau pun tendangan sudut. Kalau pemain yang mempunyai cara khusus dalam melakukan tendangan atau berlari EA Sports akan memanggil pemain yang bersangkutan untuk melakukan sensor badan untuk mengetahui kekhusuan dari pemain tersebut. Contohnya saja Gareth Bale yang di undang oleh EA Sports untuk melakukan sensorik dengan badannya mulai dari dia mendribbling bola, berlari, menyundul, melakukan defense, attacking, sampai melakukan tendangan.
Dalam sebuah game yang di lihat dari penglihatan para pemain game adalah kesamaan wajah dari pemain aslinya. Jadi EA Sports disini melakukan proses membuat design wajah secara detail dengan cara datang ke seluruh cub sepakbola dan ada juga klub sepakbola yang datang ke markas EA Sports untuk melakukan pemotretan wajah, pemotretan ini di lakukan seluruh wajah sampai ke detail rambut, jadi nanti pembuat karakter ini tinggal melakukan editing dari foto-foto hasil pemotretan tadi.
Dalam sebuah game sepak bola tidak menarik sekali kalo tidak ada suara komentator atau pun suara suporter pendukung, di game ini FIFA menggunakan komentator yang sudah berpengalaman  Alan Smith dan Martin Tyler untuk melakukan komentator dengan bahasa Inggris. Kalau masalah suara suporter, EA Sports datang langsung ke pertandingan sepak bola dengan suporter yang fanatik sehingga suara yang di dapkan akan bagus dan seperti nyata di game fifa ini.
Setelah semua proses-proses diatas selesai di lakukan, maka ahli software akan menggabungkan mulai dari gerakan-gerakan sampai yang terakhir tadi suara suporter untuk di bikin software game iniagar dapat di mainkan di Playstasio, Xbox, ataupun PC. Setelah proses ini selesai masuklah ke dalam proses pencetakan keping CD dan cover CD. Pada FIFA14 ini EA Sports menggunakan Lionel Messi sebagai Brand Ambassador bersama Gareth Bale. Di launching pertama kali FIFA14 ini terjual lebih dari 4 Juta keping CD. Yang dapat di ketahui bahwa EA Sports ini terkenal dengan harga game yang cukup mahal sehingga dapat di perkirakan mendapat keuntungan sangat banyak dari penjualan FIFA14 ini.
Demikian  ulasan dari saya mengenai proses pembuatan game FIFA14, kurang lebihnya mohon maaf. Selamat membaca guys…. 


Sumber:  http://www.youtube.com/watch?v=VJHBv4Cwsa8


Tidak ada komentar:

Posting Komentar