Selasa, 24 September 2013

Banyak Manfaat Yang Dihasilkan Dari Grafik Komputer Untuk Kemajuan Di Dunia


Banyak Manfaat Yang Dihasilkan Dari Grafik Komputer Untuk Kemajuan Di Dunia
Assalamualaikum Wr Wb
Untuk kali ini saya akan memposting suatu artikel yang betemakan dengan Grafik Komputer, artikel ini merupakan salah satu tugas pertama dari mata kuliah Grafik Komputer di semester 5 ini. Dari pertemuan awal di kelas dengan dosen dapat di artikan bahwa grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang menghasilkan gambar 2D, kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D yang lebih heboh dan canggih. 
Grafik komputer merupakan suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistic dan bahkan struktur abstrak.
Asal mula dari tahun ke tahun adalah sebagai berikut:
  • 1960, William Fetter, dimulainya pembuatan model animasi
  • 1963, Ivan Shutherland (MIT), menggunakan sketcpad (Manipulasi langsung, CAD), alat untuk menampilkan vector.
  • 1968, Evans & Shutherland.
  • 1970, Pierre B’eezier, pengembangan kurva B’eezier.
  • 1972 Ditayangkannya film Westworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
  • 1974, Ed Catmull mengembangkan z-buffer.
  • 1976, Jim Blinn mengembangkan texture dan bumo mapping
  • 1977, Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
  • 1979, Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing.
  • Pertengahan tahun 70an – 80an, pengembangan Quest for realism radiosity.
  • 1982, Pengembangan grafik untuk menampilkan partikel.
  • 1984, Digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
  • 1986, Film hasil produksi grafik komputer di masukkan dalam academy award, Luxo Jr. (PIXAR).
  • 1989, Film Tin Toy (PIXAR) memenangkan Academy Award.
  • 1995, Produksi film 3D animasi panjang pertama “Toy Story” (PIXAR & DISNEY).
  • Akhir tahun 90an, teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran.
  • Tahun 2000 ditemukan perangkat keras untuk real-time photorealistic dan rendering image. 
Bagian-bagian dari grafik computer meliputi :
1.      Geometri          : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2.      Animasi           : mempelajari cara memanipulasi dan menggambarkan gerakan
3.      Rendering        : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4.      Citra                 : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Beberapa software yang mendukung grafik computer adalah sebagai berikut:
1.      Software pengolah tata letak (layout)
·         Adobe FrameMaker,
·         Adobe In Design,
·         Adobe PageMaker,
·         Corel Ventura,
·         Microsoft Publisher.
2.      Software pengolah pixel/gambar
·         Adobe Photoshop,
·         Corel Photo Paint,
·         Macromedia Xres,
·         Metacreations Painter,
·         Metacreations Live Picture,
·         Micrografx Picture Publisher,
·         Microsoft Photo Editor,
·         QFX,
·         Wright Image,
·         Pixelmator,
·         Manga studio,
·         Gimp dan
·         Pos Free Photo Editor.
3.      Software pengolah vector/garis
·         Adobe Illustrator,
·         Beneba Canvas,
·         CorelDraw,
·         Macromedia Freehand,
·         Metacreations Expression,
·         Micrografx Designer,
·         Inkscape.
4.      Sotware pengolah multimedia
·         Adobe Flash,
·         Macromedia Authorware,
·         Macromedia Director,
·         Macromedia Flash,
·         Multimedia Builder,
·         Ezedia,
·         Hyper Studio dan
·         Ovation Studio Pro.
5.      Software pengolah film/video
·         Corel Video Studio,
·         Adobe After Effect,
·         Power Director,
·         Show Biz DVD,
·         Ulead Video Studio,
·         Element Premier,
·         Easy Media Creator,
·         Pinnacle Studio Plus,
·         WinDVD Creater,
·         Nero Ultra Edition,
·         Camtasia Studio, dan
·         Cam Studio.
6.      Software 3 dimensi


·         ArchiCad,
·         Xara 3D,
·         3Ds Max,
·         Houdini,
·         Lightware,
·         Blender,
·         Pixar,
·         Maya,
·         Poser,
·         AutoCad dan
·         Zmodeler.
7.      Software tipografi
·         AMP Font Viewer, 
·         California Fonts Free Font Manager v2.5, 
·         Font Manager v3.5

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang di buat dengan grafik computer:
1.      Computer Aided Design
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
Contoh aplikasinya: AutoCAD.


2.      Computer Aided Software Engineering
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya.
Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.

3.      Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.

Contoh:
Aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.

4.      Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk  mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia.
Contoh: Visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.

5.      Pendidikan dan Pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.
Contoh: Simulasi rangkaian elektronik untuk pembelajaran, salah satu aplikasinya Electroni workbench 

6.      Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya.
Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.

7.      Hiburan
Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya pertelevisian, Motion pictures, animasi, video clips, dan sebagainya.
Film-film animasi yang beredar di pasaran seperti Shrek, Monster Inc., anime-anime Jepang.

8.      Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game  sepakbola Pro Evolution Soccer 14 dan FIFA14. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.


Grafik computer mempunyai berbagai macam manfaat yang dapat di temui oleh kita di dalam kehidupan sehari-hari yang di gunakan untuk membantu, mempermudah, dan mempercepat pekerjaan-pekerjaan manusia diantaranya sebagi berikut:

1.      Bidang Kesehatan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.

2.      Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

3.      Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer. Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

4.      Bidang Jasa Pengiriman
Barang Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

5.      Bidang Industri
Otomotif Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

6.      Bidang Jasa Konstuksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer. 

7.      Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

8.      Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.

9.      Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

10.  Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.
11.  Bidang Olahraga
Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.

Kesimpulan:
Grafik komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat di dunia dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif. Pada saat ini grafika komputer digunakan secara rutin dibidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya.

            Wassalamualaikum Wr Wb
Nama               : Muhammad Anhar Rosyadi
Kelas               : 3 IA 25
NPM               : 54411762
Mata Kuliah    : Grafik Komputer 1
Sumber:
3.       http://arpy-angara.blogspot.com/2011/10/contoh-aplikasi-grafik-komputer-dan.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar