Banyak Manfaat Yang Dihasilkan Dari Grafik Komputer Untuk Kemajuan Di Dunia
Assalamualaikum Wr Wb
Untuk kali ini saya akan
memposting suatu artikel yang betemakan dengan Grafik Komputer, artikel ini
merupakan salah satu tugas pertama dari mata kuliah Grafik Komputer di semester
5 ini. Dari pertemuan awal di kelas dengan dosen dapat di artikan bahwa grafik
komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang
berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital.
Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang
menghasilkan gambar 2D, kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D yang
lebih heboh dan canggih.
Grafik komputer merupakan suatu
proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal
dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistic dan bahkan struktur abstrak.
Asal mula dari tahun
ke tahun adalah sebagai berikut:
- 1960, William Fetter, dimulainya pembuatan model animasi
- 1963, Ivan Shutherland (MIT), menggunakan sketcpad (Manipulasi langsung, CAD), alat untuk menampilkan vector.
- 1968, Evans & Shutherland.
- 1970, Pierre B’eezier, pengembangan kurva B’eezier.
- 1972 Ditayangkannya film Westworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
- 1974, Ed Catmull mengembangkan z-buffer.
- 1976, Jim Blinn mengembangkan texture dan bumo mapping
- 1977, Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
- 1979, Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing.
- Pertengahan tahun 70an – 80an, pengembangan Quest for realism radiosity.
- 1982, Pengembangan grafik untuk menampilkan partikel.
- 1984, Digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
- 1986, Film hasil produksi grafik komputer di masukkan dalam academy award, Luxo Jr. (PIXAR).
- 1989, Film Tin Toy (PIXAR) memenangkan Academy Award.
- 1995, Produksi film 3D animasi panjang pertama “Toy Story” (PIXAR & DISNEY).
- Akhir tahun 90an, teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran.
- Tahun 2000 ditemukan perangkat keras untuk real-time photorealistic dan rendering image.
Bagian-bagian dari grafik
computer meliputi :
1.
Geometri : mempelajari cara menggambarkan
permukaan bidang
2.
Animasi : mempelajari cara memanipulasi dan
menggambarkan gerakan
3.
Rendering : mempelajari algoritma untuk
menampilkan efek cahaya
4.
Citra : mempelajari cara pengambilan
dan penyuntingan gambar
Beberapa software yang mendukung
grafik computer adalah sebagai berikut:
1.
Software
pengolah tata letak (layout)
·
Adobe In Design,
·
Adobe PageMaker,
·
Corel Ventura,
·
Microsoft Publisher.
2. Software
pengolah pixel/gambar
·
Adobe Photoshop,
·
Macromedia Xres,
·
Metacreations Painter,
·
Metacreations Live Picture,
·
Micrografx Picture Publisher,
·
Microsoft Photo Editor,
·
QFX,
·
Wright Image,
·
Pixelmator,
·
Manga studio,
·
Gimp dan
·
Pos Free Photo Editor.
·
Adobe Illustrator,
·
Beneba Canvas,
·
CorelDraw,
·
Macromedia Freehand,
·
Metacreations Expression,
·
Micrografx Designer,
·
Inkscape.
·
Adobe Flash,
·
Macromedia Authorware,
·
Macromedia Director,
·
Macromedia Flash,
·
Multimedia Builder,
·
Ezedia,
·
Hyper Studio dan
·
Ovation Studio Pro.
5. Software
pengolah film/video
·
Corel Video Studio,
·
Power Director,
·
Show Biz DVD,
·
Ulead Video Studio,
·
Element Premier,
·
Easy Media Creator,
·
Pinnacle Studio Plus,
·
WinDVD Creater,
·
Nero Ultra Edition,
·
Camtasia Studio, dan
·
Cam Studio.
6. Software
3 dimensi
·
ArchiCad,
·
Xara 3D,
·
3Ds Max,
·
Houdini,
·
Lightware,
·
Blender,
·
Pixar,
·
Maya,
·
Poser,
·
AutoCad dan
·
Zmodeler.
7. Software
tipografi
·
AMP Font Viewer,
·
California Fonts Free Font Manager
v2.5,
·
Font Manager v3.5
1. Computer
Aided Design
CAD adalah alat bantu berbasis komputer
yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem
arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan,
mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan
berbagai produk lainnya.
Contoh aplikasinya: AutoCAD.
2.
Computer Aided Software Engineering
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan
dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user
requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur
program, dan sebagainya.
Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
3.
Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan
virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan
objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus
digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user
beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.
Contoh:
Aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S.
Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan
berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan,
melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
4. Visualisasi
Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik
membuat image, diagram, atau animasi untuk
mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif
dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan
manusia.
Contoh: Visualisasi dari struktur
protein, strutur suatu website,
visualisasi hasil data mining.
5. Pendidikan
dan Pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui
komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu
pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi
psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana
operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.
Contoh: Simulasi rangkaian elektronik untuk pembelajaran,
salah satu aplikasinya Electroni workbench
6.
Computer
Art
Computer art adalah penggunaan komputer
grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret,
foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau
eksterior, dan lain sebagainya.
Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
7.
Hiburan
Komputer grafis juga digunakan secara
luas pada bidang entertainment khususnya pertelevisian, Motion pictures,
animasi, video clips, dan sebagainya.
Film-film animasi yang beredar di pasaran seperti Shrek,
Monster Inc., anime-anime Jepang.
8.
Video Game
Video game adalah permainan yang
melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik
berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran
mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi,
dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Pro Evolution
Soccer 14 dan FIFA14. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti
Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
Grafik computer mempunyai berbagai macam manfaat yang dapat
di temui oleh kita di dalam kehidupan sehari-hari yang di gunakan untuk
membantu, mempermudah, dan mempercepat pekerjaan-pekerjaan manusia diantaranya
sebagi berikut:
1.
Bidang Kesehatan
Dengan
adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat
kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa ,
membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji
pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses
Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah
merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun
semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
2.
Bidang Kesehatan
Mempermudah
Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung
pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien
dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto
di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa
memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru
dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi
Informasi dan Komputer.
3.
Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di
program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian
tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah
diprogram di dalam kmputer. Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa
ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di
Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan
komputer.
4.
Bidang Jasa Pengiriman
Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan
akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu
berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap ,
jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
5.
Bidang Industri
Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik
dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
6.
Bidang Jasa Konstuksi
Dengan
komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan
dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain
menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa
kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan
bantuan komputer.
7.
Bidang Jasa Percetakan
Percetakan
koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan
oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau
koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan
biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu
orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan,
keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
8.
Bidang Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga
di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan
animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga
tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
9.
Bidang Industri Rekaman
Bahwa
untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi
suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan
system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram
komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam
suara dengan kualitas sangat tinggi.
10. Bidang
Pertahanan dan Keamanan
Negara
maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang
dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan
Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan
Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi
modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.
11. Bidang
Olahraga
Pertandingan
sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan
pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di
belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua
orang.
Kesimpulan:
Grafik
komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat di dunia dalam pengembangan
berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi
dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan
teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu
aplikasi grafik komputer interaktif. Pada saat ini grafika komputer digunakan
secara rutin dibidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis, industri,
pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya.
Wassalamualaikum Wr Wb
Nama :
Muhammad Anhar Rosyadi
Kelas :
3 IA 25
NPM : 54411762
Mata
Kuliah : Grafik Komputer 1
Sumber:
3.
http://arpy-angara.blogspot.com/2011/10/contoh-aplikasi-grafik-komputer-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar