Minggu, 09 Oktober 2011

e-commers and e-business

E-Intermediary
            Sehubungan dengan penggunaan e-commerce untuk mendukung perdagangan melalui Internet, muncul pula perantara yang berbasis Internasional dan dikenal dengan sebutan e-intermediary. E-intermediary (Ebert dan Griffin, 2003) adalah para anggota saluran distribusi Internet yang melakukan salah satu atau fungsi berikut:
1)    Mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis kepada para konsumer.
2)    Membantu menyalurkan produk-produk Internet ke konsumer.
Tiga macam e-intermediary yang terkenal saat ini, yaitu penjual bersindikat (syndicated seller), agen pembelanjaan (shopping agent), dan makelar bisnis-ke-bisnis (business-to-business).

1.    Penjual Bersindikat
            Yang disebut penjual bersindikat adalah sebuah situs Web yang menawarkan hubungann kepada konsumer ke situs-situs Web lain dan atas jasa ini Web yang menghubungkan Web lain akan mendapatkan komisi. Hubungan dibentuk melalui iklan (banner ad) yang dipampangkan dalam bentuk halaman Web. Konsumernakan di hubungkan ke Web bersangkutan sekiranya mengklik gambanr iklan tersebut. Sebagai contoh, banyak situs yang menanyakan iklan dari toko buku online Amazon.com.
2.    Agen Pembelanjaan
            Agen pembelanjaan (dikenal dengan sebutan e-agent) merupakan sutu situs Web yang membantu para konsumer dengan cara memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang di perlukan konsumer dalam rangka untuk membuat keputusan pembelian. Perantara seperti ini tidak memiliki produk sama sekali. Yang menjadi fokus perantara ini adalah menyediakan informasi dari sejumlah situs Web yang lain yang menjual produk yang di cari konsumer. Sebagai contoh, PriceSCAN (www.pricescan.com) merupakan e-agent terkenal untuk mencari informasi tentang komputer dan berbagai produk yang lain (dilengkapi harga pada setiap situs).
3.    Makelar Bisnis-Ke-Bisnis
            Seperti halnya e-agent, makelar bisnis-ke-bisnis tidak memiliki produk. Perantara ini menyediakan sarana ke komunikasi antarpebisnis. Sebagai contoh, Edfex (www.edfex.com) menyediakan informasi yang sangat baru tentang produk dan harga yang berasal dari para pemasok dan pembeli. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar